Informasi lengkap untuk para pendaki gunung seperti jalur pendakian, tips mendaki gunung, peralatan pendakian dan informasi gunung terbaru.

Sabtu, 30 Desember 2017

Tips Mendaki Gunung dengan Aman Bagi Pemula

Tips Mendaki Gunung - Zaman sekarang, mendaki gunung adalah sebuah lifestyle yang sedang populer di masyarakat. Lihat saja basecamp setiap gunung hampir tidak pernah sepi ketika akhir pekan tiba apalagi saat musim liburan. Tua, muda, laki-laki dan perempuan semuanya tidak ingin ketinggalan untuk merasakan proses mendaki gunung.

Tips Mendaki Gunung dengan Aman Bagi Pemula
Tips Mendaki Gunung dengan Aman Bagi Pemula
Bagi mereka yang telah berkali-kali naik dan turun gunung tentu telah memiliki pengetahuan tentang tips mendaki gunung dengan aman. Umumnya, mereka sudah mengetahui perlengkapan standar yang harus dibawa dan solusi seandainya terjadi situasi kritis dalam pendakian.

Misalnya: badai, petir, gejala hipotermia hingga Accute Mountain Sickness (AMS). Namun, apabila kamu adalah pendaki pemula dan baru pertama kali mendaki gunung tentu harus mempersiapkan segalanya dengan baik meliputi fisik dan perlengkapan.

Persiapan fisik sebelum mendaki gunung

1. Menjaga Kebugaran Tubuh
Ini adalah salah satu hal yang paling sensitif ketika mendaki gunung. Pastikan tubuh kamu benar-benar dalam keadaan fit untuk menghindari rasa cepat lelah bahkan cidera. Sebelum memulai pendakian, pastikan tidur dengan cukup dan konsumsi vitamin apabila diperlukan

2. Melatih Keseimbangan dan Otot Kaki
Pelatihan ini berfungsi agar otot kamu tidak kaget saat mendaki gunung terutama pada saat berjalan di trek yang agak sulit. Kamu bisa melakukan senam kecil atau lari pagi secara rutin. Lakukan pelatihan ini seminggu sebelum pendakian dimulai.

Peralatan standar mendaki gunung bagi pemula

Mendaki gunung adalah sebuah kegiatan outdoor yang sangat menantang tetapi juga memiliki resiko yang tinggi seperti kehujanan, kedinginan dan kelaparan. Oleh karena itu, bagi kamu para pendaki pemula harus meminimalisir resiko tersebut dengan membawa alat persiapan mendaki gunung yang standar. Dalam pendakian gunung, peralatan dibedakan menjadi dua, yaitu pribadi dan kelompok.

Perlengkapan pribadi

1. Carrier
Carrier atau ransel untuk mendaki gunung
Carrier atau ransel untuk mendaki gunung
Peralatan pertama yang wajib kamu bawa adalah carrier atau ransel. Carrier ini berfungsi untuk membawa berbagai barang pribadi dan kelompok seperti sleeping bag, tenda, logistik, jaket, pakaian ganti, matras hingga alat masak. Namun, bagi kamu pendaki pemula tidak disarankan untuk membawa peralatan kelompok dengan beban berat misalnya tenda. Oleh karena itu, jenis carrier yang disarankan adalah 40-60 liter.

2. Sepatu
Sepatu untuk mendaki gunung
Sepatu untuk mendaki gunung
Dalam pendakian, kamu akan menemui berbagai medan yang bervariasi mulai dari tanah padat hingga berbatu. Jadi, demi menjaga keselamatan kakimu dari resiko terkilir bahkan cedera, maka gunakanlah sepatu trekking. Dalam memilih sepatu, kamu juga harus memperhatikan ukuran, kekuatan sol, tipe leher dan bahan dasarnya. Pilihlah sepatu yang sesuai ukuran kakimu dan pastikan nyaman dipakai untuk berjalan.

Baca juga:

3. Headlamp
Headlamp untuk mendaki gunung
Headlamp untuk mendaki gunung
Tips mendaki gunung dengan aman bagi pemula ketika berjalan di malam hari adalah membawa headlamp. Lampu ini berfungsi untuk menerangi perjalanan kamu sehingga menghindari resiko tersesat. Selain itu, fungsi lain dari headlamp adalah menerangi area kemah. Jangan lupa juga untuk melengkapinya dengan baterai cadangan. Kemudian, bedakan juga antara headlamp untuk berjalan dan berkemah sehingga bawalah barang ini lebih dari satu.

4. Matras
Matras untuk mendaki gunung
Matras untuk mendaki gunung
Ketika mendaki gunung kamu tentu tidak dapat membawa tikar seperti ketika pergi tamasya ke pantai. Oleh karena itu, kamu wajib menyertakan matras sebagai barang yang dibawa ketika mendaki. Matras berfungsi sebagai alas tidurmu ketika di dalam tenda. Kamu juga harus memastikan matrasmu dalam kondisi kering sehingga jangan menaruhnya tergantung di luar carrier.

5. Pakaian hangat
Semakin tinggi ketinggian suatu tempat, maka suhunya pun menjadi lebih dingin. Bahkan pada musim-musim tertentu suhu di gunung dapat menyentuh titik nol derajat ningga minus. Dengan demikian, salah satu tips aman mendaki gunung yang perlu kamu terapkan adalah menggunakan pakaian hangat untuk melapisi tubuh. Kamu juga tidak disarankan untuk menggunakan pakaian berbahan katun dan jeans. Hal ini dikarenakan kedua bahan tersebut sulit menyerap dan melepas keringat.

6. Sleeping bag
Sleeping bag untuk mendaki gunung
Sleeping bag untuk mendaki gunung
Sleeping bag berfungsi sebagai kantung tidur yang akan menjaga suhu tubuh kamu agar tetap hangat dan stabil. Jadi, usahakan agar barang ini tersimpan rapi pada carrier dan tidak lembab meskipun karakteristiknya waterproof. Jenis sleeping bag yang disarankan adalah berbahan dasar kain polar dengan lapisan tebal.

7. Alat makan
Alat persiapan mendaki gunung yang satu ini memang sering terlupakan untuk dibawa oleh pendaki berpengalaman sekalipun. Nah, bagi kamu pendaki pemula jangan sampai lupa membawa alat makan berupa piring dan gelas plastik, sendok serta garpu.

8. Jas hujan
Beberapa berita yang beredar mengenai meninggalnya pendaki karena hipotermia setelah kehujanan dapat disebabkan karena mengabaikan barang ini. Jas hujan penting bagi kamu untuk mempersiapkan kemungkinan turunnya hujan karena cuaca di gunung tidak stabil. Selain itu, jas hujan jenis ponco juga bermanfaat untuk pembuatan bivak darurat guna berteduh atau dapur umum.

Peralatan kelompok

1. Tenda

Tenda untuk mendaki gunung
Tenda untuk mendaki gunung
Tips aman mendaki gunung yang juga sering dilupakan para pendaki, khususnya mereka para anak baru adalah membawa tenda. Apalagi ketika gunung yang didaki hanyalah berketinggian rendah seperti Andong, Prau hingga Ungaran. Para pendaki pemula kadang nekat seolah tidak mempertimbangkan bahaya yang dapat menimpa mereka ketika mendaki. Misalnya: ketika tiba-tiba terjadi hujan deras, badai maupun kelelahan salah satu anggota.

2. Alat memasak

Alat memasak untuk mendaki gunung
Alat memasak untuk mendaki gunung
Ketika mendaki gunung kamu juga harus membawa alat memasak. Pendaki biasanya membawa peralatan berupa kompor portable, nasting, trangia, gas hi-cock, spritus dan tabungnya. Usahakan jaga keamanan tabug gas hi-cock jangan sampai terbuka dan terkena angin karena berisiko bocor.

3. Flysheet

Flysheet untuk mendaki gunung
Flysheet untuk mendaki gunung
Keberadaan flysheet berfungsi untuk membangun tempat berteduh secara darurat ketika hujan lebat atau badai. Sementara itu, kondisi area berteduh tidak memungkinkan untuk membangun tenda. Fungsi barang yang satu ini memang mirip dengan jas hujan ponco. Dengan demikian, flysheet juga dapat digunakan sebagai atap tenda induk atau dapur umum.

Mendaki gunung memang kegiatan yang dapat memberikan kesan tidak terlupakan. Keindahan gunung menyajikan panorama yang begitu indah ketika sampai di puncak maupun sepanjang perjalanan.

Namun, bukan berarti kamu mengartikan perjalanan mendaki gunung sebagai senang-senang belaka sehingga mengabaikan aspek keselamatan. Nah, bagi kamu para pemula tentu wajib menerapkan tips mendaki gunung tersebut agar berangkat dan pulang dengan selamat. Jangan lupa pula untuk tetap menjaga kelestarian dan tidak merusak keindahan gunung.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Tips Mendaki Gunung dengan Aman Bagi Pemula

0 komentar:

Posting Komentar