Informasi lengkap untuk para pendaki gunung seperti jalur pendakian, tips mendaki gunung, peralatan pendakian dan informasi gunung terbaru.

Selasa, 09 Januari 2018

3 Jalur Pendakian Gunung Rinjani yang Bisa Kamu Tempuh

Jalur pendakian Rinjani - Alam keindahan Lombok memang sangat mempesona sehingga tidak heran jika banyak orang yang berdatangan untuk menikmatinya. Tak hanya bisa didatangi oleh orang yang suka diving atau snorkeling saja, Lombok juga bisa didatangi oleh orang-orang yang suka mendaki gunung karena Lombok memiliki Gunung Rinjani.

Jalur pendakian Rinjani
Jalur pendakian Rinjani
Gunung Rinjani merupakan gunung berapi yang tertinggi ke-2 di Indonesia dan merupakan gunung yang banyak difavoritkan oleh para pendaki. Ini bukanlah suatu hal yang mengherankan sebenarnya, mengingat gunung yang memiliki ketinggian 3.726 mdpl ini menyajikan pemkamungan alam yang menakjubkan di sepanjang jalur pendakiannya.
Pesona Gunung Rinjani
Pesona Gunung Rinjani
Belum lagi keberadaan Danau Segara Anakan yang mempesona, pantas saja jika banyak yang menyebut Gunung Rinjani adalah gunung yang terindah di Asia. Tertarik untuk mendakinya? Mari simak ulasan singkat 3 jalur pendakian Gunung Rinjani dibawah ini.

3 Jalur Pendakian Rinjani

Jalur pendakian Rinjani ada 3 yaitu via Sembalun, via Senaru dan via Torean. Sedangkan estimasi waktu yang dibutuhkan untuk mendaki Gunung Rinjani adalah sekitar 4 hari hingga 5 hari. Banyak pendaki yang saat naik melalui Sembalun namun saat turun melalui Senaru atau sebaliknya. Sementara untuk via Torean, jalur ini merupakan jalur yang masih baru sehingga untuk melaluinya direkomendasikan untuk menggunakan jasa guide yang pastinya harganya mahal.
Peta jalur pendakian Rinjani
Peta jalur pendakian Rinjani

Jalur pendakian Gunung Rinjani via Sembalun

Jalur pendakian Gunung Rinjani via Sembalun merupakan jalur pendakian Rinjani yang terbilang ramai. Penggemar jalur ini adalah pendaki yang menyukai tracking karena memang jalurnya mengharuskan pendaki melalui Sabana serta punggungan gunung yang berkelok dengan jurang di kedua sisinya.

Jalur ini memang mengharuskan kamu untuk memeras keringat, namun begitu sampai di puncak, pastinya keringat tersebut akan terbayar oleh rasa puas bisa menikmati pemkamungan alam yang menyegarkan. Estimasi waktu yang diperlukan untuk mencapai puncak Rinjani via Sembalun ini adalah sebagai berikut:
  • Sembalun Lawang menuju ke Kawah Plawangan Sembalun, waktu yang dibutuhkan sekitar 7 jam
  • Dari Kawah Plawangan Sembalun menuju Puncak Rinjani, waktu yang dibutuhkan sekitar 4 jam
  • Dari Kawah Plawangan Sembalun turun ke Danau Segara Anakan, waktu yang dibutuhkan sekitar 3 jam
  • Dari Danau Segara Anakan naik ke Kawah Plawangan Senaru, waktu yang dibutuhkan sekitar 3 jam

Jalur pendakian Gunung Rinjani via Senaru

Jalur pendakian Rinjani yang selanjutnya adalah via Senaru. Jalur pendakian Gunung Rinjani via Senaru ini adalah jalur yang paling ramai dibandingkan dengan jalur yang lainnya. Jalur pendakian yang satu ini bahkan juga sering digunakan oleh masyarakat lokal yang hendak melakukan ritual di Puncak Gunung Rinjani ataupun Danau Segara Anakan.

Baca juga:

Jalur pendakian ini mengharuskan kamu untuk melewati hutan belantara serta padang gurun yang juga sangat indah. Merasa lelah? Tenang, ada pos-pos pendakian juga kok di sini, Adapun perincian lokasi serta waktu tempuh jalur pendakian yang via Senaru ini adalah sebagai berikut:
  • Desa Senaru menuju ke Kawah Plawangan, waktu yang dibutuhkan sekitar 7 jam.
  • Kawah Plawangan menuju ke Danau Segara Anakan, waktu yang dibutukan sekitar 4 jam
  • Danau Segara Anakan menuju ke Kawah Plawangan Sembalun, waktu yang dibutuhkan seitar 4 jam
  • Kawah Plawangan menuju ke puncak Gunung Rinjani, waktu yang dibutuhkan sekitar 4 jam

Jalur pendakian Rinjani via Torean

Selanjutnya adalah jalur pendakian Rinjani via Torean. Jalur pendakian Rinjani yang satu ini adalah jalur pendakian yang terhitung baru dan belum terkenal seperti kedua jalur yang telah disebutkan sebelumnya. Bagian serunya adalah jalur ini sebagian besar terdiri dari kebun kakao, ladang serta tempat penggembalaan sapi.

Jalur ini juga biasa digunakan oleh warga setempat yang hendak beredam di sumber air panas alami yang memang terdapat di beberapa titik di sepanjang jalur ini. Jalur ini juga biasa dilewati oleh masyarakat yang hendak memancing di Danau Segara Anakan.

Biaya Pendakian Gunung Rinjani

Kalau kamu berminat mendaki melalui jalur pendakian Rinjani yang telah disebutkan tadi, sekarang sudah banyak paket tour yang ditawarkan. Pastinya setiap paket tour itu memberikan harga yang berbeda. Namun, umumnya, estimasi biaya pendakian Gunung Rinjani adalah Rp 2.500 per orang untuk WNI dan Rp 25.000 untuk warga asing.

Harga ini merupakan biaya pendaftaran saja loh ya, dan belum termasuk biaya makan, keperluan mendaki dan lain-lain. Sementara jika kamu hendak menyewa pemandu, mungkin kamu harus menyiapkan dana tambahan sebesar Rp 250.000 per guide.

12 Tips Mendaki Gunung Rinjani

Sebelum kamu bersiap menaklukkan jalur pendakian Rinjani, ada baiknya kamu memperhatikan beberapa tips yang ada di bawah ini terlebih dahulu, antara lain:
  1. Sebaiknya bawa baju hangat karena suhu teredah Gunung Rinjani bisa mencapai 10 derajat celsius
  2. Sebaiknya kamu mendaki sekitar bulan Maret - Agustus.
  3. Hindari mendaki saat high season, libur panjang serta tahun baru karena pada waktu-waktu tersebut Gunung Rinjani akan dipenuhi oleh pendaki.
  4. Sebelum mendaki, sebaiknya kamu memesan guide sebelum berangkat untuk memastikan kamu tidak kehabisan guide
  5. Disarankan kamu menggunakan jasa guide mengingat jalur pendakian cukup berbahaya, kecuali jika memang kamu sudah berpengalaman ke sana
  6. Siapkan tubuh dan stamian sebaik mungkin karena kamu membutuhkan waktu yang cukup lama untuk mendaki
  7. Bawa peralatan mendaki yang stkamur
  8. Kamu bisa bermalam di pos II karena di tempat ini kamu bisa menikmati sunrise
  9. Hindari melakukan perjalanan di malam hari
  10. Pastikan nama kamu sudah terdaftar di Simaksi
  11. Sebaiknya gunakan perlengkapan alat panjat saat hendak turun ke danau
  12. Sebagai bekal, kamu bisa mencari referensi peta jalur pendakian Gunung Rinjani terlebih dahulu
Oke, itu dia beberapa informasi terkait jalur pendakian Rinjani. Kami akan mengupdate 3 jalur pendakian tersebut lebih detail pada artikel selanjutnya, jadi tetap bookmark laman www.wacanagunung.com ya.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : 3 Jalur Pendakian Gunung Rinjani yang Bisa Kamu Tempuh

0 komentar:

Posting Komentar