Informasi lengkap untuk para pendaki gunung seperti jalur pendakian, tips mendaki gunung, peralatan pendakian dan informasi gunung terbaru.

Sabtu, 06 Januari 2018

3 Jalur Pendakian Gunung Lawu yang Bisa Kamu Pilih

Jalur pendakian Gunung Lawu - Gunung Lawu menjadi salah satu gunung yang sering sekali menjadi tujuan oleh para pendaki. Hal ini tentu saja karena pemandangannya yang sangat indah dan tentu saja sangat menakjubkan. Tidak salah jika banyak sekali pendaki yang lebih suka berlama-lama berada di puncak gunung ini.

Jalur pendakian Gunung Lawu yang bisa dipilih juga sangat bervariasi yang tentu saja setiap jalurnya memiliki cerita masing-masing yang sangat indah. Menjadi seorang pendaki, tentu saja akan ada banyak sekali cerita suka dan cerita duka yang bisa dibagikan langsung kepada orang-orang tersayang sehingga semua manfaat dan pelajaran yang didapatkan bisa dirasakan oleh banyak orang.

Jalur pendakian Gunung Lawu
Jalur pendakian Gunung Lawu
Di perjalanan menuju ke puncak, melalui beberapa jalur pendakian Gunung Lawu maka kamu akan bertemu dengan banyak sekali pendaki yang sama-sama akan naik atau sama-sama akan turun atau bahkan berbalik tujuan dengan kamu. Kehangatan akan secara langsung kamu rasakan apalagi ketika bertemu dengan pendaki yang lainnya. Selalu sapa dan selalu memberi semangat adalah ciri khas untuk para pendaki.
Peta jalur pendakian gunung lawu. Source: zonalibur.com
Selain itu, di tingginya Gunung Lawu beberapa pendaki akan saling kenalan satu sama lain dan berbagi cerita tentang pengalaman selama melakukan pendakian di gunung lawu tersebut. Tidak salah jika setelah itu akan ada sesi foto sebagai salah satu kenangan manis yang didapatkan dengan mendaki.

Sedikit Tentang Gunung Lawu

Gunung Lawu adalah salah satu gunung tinggi yang ada di Jawa Timur dengan keindahan yang sangat memukau di ketinggian 3.265 mdpl tepatnya berada di kawasan Karawang, Jawa Tengah dan perbatasan kabupaten Magetan, Jawa Timur. Lokasi yang berbeda inilah yang akhirnya membuat beberapa pendaki secara bebas bisa memilih jalur pendakian Gunug Lawu.
Pesona Gunung Lawu
Pesona Gunung Lawu
Selain pemandangan alam yang sangat indah, ternyata Gunung Lawu ini juga menawarkan banyak sekali cerita-cerita yang mistis. Selain para pendaki, para peziarah juga ikut serta melakukan perjalanan ini. nah, pada kesempatan kali ini akan kami bahas mengenai tiga jenis jalur pendakian Gunung Lawu.

Pendakian gunung lawu via cemoro sewu

Pendakian Gunung  Lawu via Cemoro Sewu
Pendakian Gunung  Lawu via Cemoro Sewu
Jalur pendakian gunung lawu yang satu ini terdiri dari lima pos. Jalur ini menjadi salah satu jalur yang selama perjalanan kamu akan lebih sering bertemu dengan hutan pinus dan juga batu-batuan yang terjal. Selain itu, kamu akan memiliki kesempatan untuk melihat monyet-monyet yang berwarna putih di beberapa jalur setelah tiba di pos 1. Nah, persediaan air bisa langsung kamu isi di pos 1 ini. Untuk menuju ke pos 2, jalanan akan semakin terjal dan semakin menanjak maka dari itu diharapkan Anda selalu hati-hati dan waspada.

Baca juga:

Semakin naik ke pos selanjutnya maka semakin menanjak dan semakin terjal jalur yang akan kamu lalui. Untuk mencapai pos 4, stamina kamu akan semakin terkuras dan tentu saja untuk bisa menghemat tenaga tersebut kamu dianjurkan untuk berpegangan di pagar pengaman yang berada tidak jauh dari jalur pendakian.

Nah, untuk pos empat menuju pos lima tentu saja memiliki jalur yang lebih landai dari sebelumnya sehingga kamu bisa bernafas sedikit lega. Jalur pendakian gunung lawu sangat cocok bagi kamu yang memang sudah memiliki pengalaman mendaki gunung. Banyak para pendaki yang langsung menuju ke warung mbok Yem yang juga menyediakan penginapan bagi pada pendaki yang tidak membawa tenda.

Jalur pendakian gunung lawu via Candi Cetho

Jalur pendakian gunung lawu via Candi Cetho
Jalur pendakian gunung lawu via Candi Cetho
Selain jalur pendakian gunung lawu via cemoro sewu dan via cemoro kandang, ternyata terdapat salah satu jalur perjalanan yang  juga sering dipilih oleh para pendaki yaitu melalui jalur pendakian Candi Cetho. Seperti jalur-jalur yang lainnya, untuk bisa melewati jalur ini agar sampai ke puncak gunung lawu juga dibutuhkan stamina yang kuat. Jangan sampai lupa membawa air persediaan untuk bisa dinikmati selama perjalanan. Bagi pula, akan lebih baik jika sering beristirahat agar tenaga tidak kunjung habis dan tentu saja tidak kunjung merasa kelelahan.

Jalur pendakian gunung lawu via Cemoro Kandang

Jalur pendakian gunung lawu via cemoro kandang
Cemoro Kandang menjadi salah satu tempat yang paling asik untuk melakukan perjalanan menuju gunung Lawu. Jalur pendakian gunung lawu yang satu ini biasanya juga dipilih oleh para peziarah karena memiliki jalur yang landai namun tentu saja membutuhkan waktu yang sangat lama untuk bisa sampai di tempat tersebut.

Para peziarah yang akan melakukan ritual di Gunung Lawu lebih suka dengan jalur ini. selain itu, para peziarah ini lebih memilih menunggang kuda sewaan dari tawang mangu. Dari Cemoro Kandang tersebut lantas menuju pos 1 yang tepatnya berada di taman sari bagian bawah. Di pos tersebut terdapat tempat untuk beristirahat sejenak.

Selanjutnya, perjalanan yang akan kamu tempuh akan semakin curam karena kawah Condrodimuko akan menjadi perjalanan yang sedikit sulit untuk dijalani. Di hari libur, kamu bahkan bisa menemukan banyak sekali penjual makanan di pos 2. Perjalanan selanjutnya yaitu akan melewati sungai kecil dan menelusuri tebing yang berada di lereng Cokro Suryo.

Nah, sumber air yang bernama sendang panguripan ini bisa kamu temui di perjalanan antara pos 3 menuju ke pos 4. Selanjutnya, untuk menuju pos 4 ke pos 5 kamu akan mengalami banyak sekali trek yang terjal dan tentu saja sangat bervariasi. Jalur pendakian gunung lawu yang satu ini cocok untuk para pendaki pemula.

Itu dia beberapa jalur pendakian Gunung Lawu yang bisa Anda coba, semoga bermanfaat ya..

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : 3 Jalur Pendakian Gunung Lawu yang Bisa Kamu Pilih

0 komentar:

Posting Komentar