Informasi lengkap untuk para pendaki gunung seperti jalur pendakian, tips mendaki gunung, peralatan pendakian dan informasi gunung terbaru.

Senin, 08 Januari 2018

Informasi Lengkap Jalur Pendakian Gunung Merapi Via Selo

Jalur pendakian Gunung Merapi - Sekalipun masih berstatus aktif, namun Gunung Merapi masih sering dijadikan tujuan wisata oleh orang-orang yang menyukai petualangan. Ya, gunung berapi yang berlokasi di perbatasan antara Jawa Tengah dan Yogyakarta serta kaya akan cerita-cerita mistis dan mitos ini menjadi tempat yang pas untuk menikmati keindahan alam dari ketinggian.

Informasi jalur pendakian Gunung Merapi via Selo
Informasi jalur pendakian Gunung Merapi via Selo
Tak hanya itu saja, Gunung Merapi bahkan juga diusulkan untuk dijadikan kawasan taman nasional dengan namanya adalah Taman Nasional Gunung Merapi. Pastinya hal ini menambah daya tarik yang dimiliki oleh gunung yang pernah menyemburkan wedhus gembel saat meletus tahun 1998 silam. Nah, bekal informasi mengenai jalur pendakian Gunung Merapi adalah sesuatu hal mutlak yang harus dipahami oleh siapa saja yang hendak mendaki gunung tersebut.

Info Pendakian Merapi Terbaru

Bicara mengenai jalur pendakian Gunung Merapi ini, kita tahu bahwa dahulunya terdapat beberapa jalur pendakian sekaligus, yaitu jalur pendakian Gunung Merapi via Kaliurang, via Selo, via Sawangan-Magelang dan via Deles-Klaten. Beberapa jalur pendakian tersebut kemudian ada yang ditutup setelah Gunung Merapi mengalami erupsi tahun 2010 yang lalu.
Peta jalur pendakian Gunung Merapi via Selo
Peta jalur pendakian Gunung Merapi via Selo. Sumber: infopendaki.com
Berdasarkan informasi terbaru, sekarang jalur pendakian yang tersisa hanyalah via Selo, Kabupaten Boyolali. Namun, diketahui juga bahwa pihak pengelola masih melakukan survey kaitannya dengan pengadaan jalur pendakian yang baru.

Baca juga:

Adapun berkenaan dengan info pendakian Merapi terbaru, sudah pasti yang akan dibagikan kali ini adalah mengenai jalur pendakian Gunung Merapi via Selo. Mari kita simak..

1. Menuju Desa Selo

Jalur Pendakian Gunung Merapi - Desa Selo
Desa Selo. Sumber: lihat.co.id
Hal pertama yang harus dilakukan adalah kamu harus mencapai Desa Selo baik dengan menggunakan kendaraan umum ataupun kendaraan pribadi. "Selo berada di antara bawah kaki Gunung Merapi dan Merbabu. Kawasan ini merupakan kawasan wisata alam dengan pemandangan gunung disamping utara dan selatannya." Sumber: Wikipedia

2. Basecamp

Jalur pendakian gunung Merapi - Basecamp Barameru
Basecamp Barameru. Sumber: anugerahprasaji.wordpress.com
Setelah mencapai Desa Selo ini, kamu bisa langsung menuju ke basecamp pendakian Gunung Merapi yang lokasinya tidak jauh dari basecamp pendakian Merbabu via Selo. Lokasi basecamp terdekat dan yang paling sering sigunakan adalah basecamp Barameru. Peraturan yang ada di basecamp ini antara lain:
  • Meninggalkan kartu identitas, bisa SIM, KTP atau KTM
  • Membawa perlengkapan mendaki yang standart
  • Tidak membuang sampah di kawasan Gunung Merapi serta sepanjang jalur pendakiannya
  • Melapor pada petugas bila sudah selesai melakukan pendakian
Tambahan informasi, di basecamp ini kamu bisa melakukan registrasi dan juga mengurus simaksi pendakian dengan estimasi biaya Rp 10.000.

3. New Selo

Jalur Pendakian Gunung Merapi - New Selo
New Selo. Sumber: homestaymerapi.com
Setelah kamu selesai mengurus masalah perijinan mendaki ini, kamu bisa langsung menyusuri jalanan aspal yang lumayan jauh untuk menuju ke New Selo sebagai tanda bahwa Anda sudah mulai memasuki Kawasan Taman Nasional Gunung Merapi. Estimasi perjalanan (30 - 45 menit)

4. Pos I (Pos Tugu I)

Jalur Pendakian Merapi - Pos I
Pos I Pendakian Merapi. Sumber: ilhamridhwan.blogspot.co.id
Jalur Pendakian Merapi - Pos I
Pos I Pendakian Merapi. Sumber: kapankemana.net
Dari New Selo kamu perlu melanjutkan perjalanan menuju ke pos I (pos Tugu I). Disini kamu dapat menjumpai pohon cemara maupun pohon pinus dengan jalan yang penuh dengan bebatuan. Estimasi perjalanan (2 - 2,5 jam)

5. Pos II  (Pos Tugu II)

Jalur Pendakian Gunung Merapi - Pos II
Pos II Pendakian Merapi. Sumber: kapankemana.net
Jalur Pendakian Gunung Merapi - Pos II
Pos II Pendakian Merapi. Sumber: kapankemana.net
Medan perjalanan pada jalur ini lebih ekstrim lagi daripada pos I. Medan yang kamu tempuh dipenuhi batu-batuan besar dengan tingkat kemiringan dan tanjakan yang cukup tinggi. Tempat dan hutan yang mulai gersang ini juga memiliki banyak sekali jurang, jadi berhati-hatilah. Estimasi perjalanan (1 - 2 jam)

6. Watu Gajah

Jalur pendakian Gunung Merapi - Watu Gajah
Watu Gajah. Sumber: mountmerapi.wordpress.com
Setelah dari pos II, kamu akan menuju ke Watu Gajah. Watu Gajah adalah area yang pas jika kamu ingin bermalam atau mendirikan tenda. Meskipun perjalanan pada medan ini semakin curam, tapi kamu bisa melihat pemandangan yang luas dan sangat terbuka. Estimasi perjalanan (45 - 60 menit)

7. Pasar Bubrah

Jalur pendakian Gunung Merapi - Pasar Bubrah
Pasar Bubrah. Sumber: solopos.com
Dari Watu Gajah, kamu bisa langsung menuju ke Pasar Bubrah. Pasar Bubrah merupakan area yang sangat luas yang hanya terdiri atas pasir dan bebatuan dengan ukuran yang bervariasi. Area ini juga dipenuhi oleh material vulkanik. Disini kamu bisa melihat tower-tower sebagai penanda kalau Gunung Merapi sedang bereaksi. Pasar Bubrah juga menjadi tempat yang pas untuk Anda mendirikan tenda selain Watu Gajah. Estimasi perjalanan sekitar setengah jam.

8. Puncak Gunung Merapi

Nah sampailah ke penghujug acara hhe.. Eits, tunggu dulu. Perjalanan dari Pasar Bubrah menuju puncak Merapi adalah yang paling ekstrim. Disini kamu harus melewati medan yang dipenuhi dengan pasir halus dengan tingkat kemiringan hingga 55 derajat, jadi kamu memerlukan kondisi tubuh yang fit dan keseimbangan yang stabil. Estimasi perjalanan (1 - 1,5 jam)
Jalur Pendakian Gunung Merapi - Menuju Puncak Merapi
Menuju puncak Merapi. Sumber: infopendaki.com
Pada puncak Merapi, kamu bisa menyaksikan betapa indahnya kawasan kecil dan kota-kota yang berada di kaki Gunung Merapi. Disisi lain, pemandangan Merbabu yang berdiri gagah dan menjulang luas bisa kamu abadikan dengan mudah.
Jalur Pendakian Gunung Merappi - Puncak Merapi
Puncak Merapi. Sumber: puncakgunungmerapi.blogspot.co.id
Pesona Puncak Merapi
Pesona puncak Merapi. Sumber: republika.co.id
Pesona puncak Merapi
Pesona puncak Merapi. Sumber: kompasiana.com
Dibalik panorama yang menakjubkan dari puncak Gunung Merapi, ada sesuatu yang menguji nyali kamu. Terbentang kawah yang dipenuhi asap belerang serta tebing-tebing yang curam. Tak jarang juga terdengar dentuman keras dari dalam kawah tersebut. Dibawah ini ada rekaman video singkat yang menggambarkan puncak kawah Merapi.


Itulah informasi jalur pendakian Gunung Merapi via Selo. Karena jalur pendakian tersebut sekarang menjadi jalur pendakian yang paling mudah, maka dari manapun kamu, kamu harus menuju ke Selo terlebih dahulu. Hal yang sama juga berlaku sekalipun kamu ingin melakukan pendakian Gunung Merapi dari Jakarta, maka yang harus kamu tuju terlebih dahulu adalah Selo.

Sedikit Tips Mendaki Gunung Merapi

Nah, sebelum kamu mulai menyusuri jalur pendakian Gunung Merapi, ada baiknya jika kamu memperhatikan beberapa tips yang ada di bawah ini:
  • Bawalah persediaan air yang cukup karena di sepanjang jalur pendakian, kamu tidak akan menemukan mata air
  • Jangan melakukan aksi vandalisme seperti mencoret-coret batu
  • Jangan mengucapkan kata-kata kotor.
  • Gunakan sepatu gunung, dan hindari menggunakan sandal gunung
  • Patuhi aturan yang ada
  • Pastikan membawa alat pelindung pribadi seperti masker untuk menghindari debu
  • Carilah waktu yang tepat, yakni di kisaran musim kemarau

Baca referensi lainya:

Tentang Puncak Garuda Merapi dan Hal Lainya

Sebenarnya ada satu hal istimewa lagi yang sepatutnya tidak kita lupakan jika kita berbicara mengenai jalur pendakian Gunung Merapi, yaitu Puncak Garuda. Sayangnya, nama Puncak Garuda ini sekarang hanya tinggal kenangan karena sudah lenyap akibat erupsi yang terjadi di tahun 2010 yang lalu. Puncak Garuda ini merupakan titik tertinggi yang ada di kawasan Gunung Merapi. Bentuknya pada awalnya menyerupai sebuah kepala burung garuda, namun setelah terjadi erupsi, bentuknya berubah menjadi runcing sehingga kemudian disebut sebagai Puncak Tusuk Gigi.
Puncak Garuda
Puncak Garuda (Puncak Tusuk Gigi). Sumber: phinemo.com
Kemudian, hal yang seharusnya kita indahkan dari jalur pendakian Gunung Merapi ini adalah keberadaan beberapa tempat yang dikeramatkan dan terasa angker. Beberapa tempat tersebut diantaranya adalah Hutan Patuk Alap-Alap yang dipercaya menjadi tempat untuk menggembalakan hewan ternak milik dari Keraton Merapi. Selain Hutan Patuk Alap-Alap, terdapat juga Hutan Gamelan, Watu Gajah yang sudah disebutkan tadi, Umbul Temanten, Ringin Putih, Goa Jepang, Telaga Putri, Plawangan, Bukit Turgo, Hutan Blumbang, Hutan Pijen dan Hutan Bingungan.

Oke, itu saja beberapa informasi mengenai jalur pendakian Gunung Merapi yang bisa dibagikan. Terlepas dari berbagai hal itu, pastikan bahwa kamu berada dalam kondisi yang fit terlebih dahulu sebelum memulai perjalanan.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Informasi Lengkap Jalur Pendakian Gunung Merapi Via Selo

0 komentar:

Posting Komentar